Cara Menghilangkan Bekas Keloid, Cara Mencegah Keloid pada Tubuh

Keloid merupakan jenis luka yang timbul dibandingkan dengan kulit sekitarnya. Keloid umumnya memiliki permukaan yang licin dan berwarna merah muda atau ungu. Bentuk keloid tidak beraturan dan cenderung untuk membesar secara progresif. Berbeda dengan luka pada umumnya, keloid tidak akan hilang seiring dengan waktu. Selain mengganggu penampilan, keloid juga dapat terasa nyeri jika disentuh.

FUNGSI
Keputusan untuk mengobati keloid tergantung pada gejala yang ditimbulkan serta lokasinya. Keloid dengan lokasi yang mengganggu penampilan secara kosmetik serta yang disertai dengan gejala yang menggaggu merupakan indikasi untuk diberikan terapi.

Beberap metode yang dapat dilakukan untuk menghilangkan keloid, yaitu sebagai berikut:

Injeksi kortison (steroid intralesi)
Injeksi kortison diberikan setiap 4 sampai 8 minggu sekali yang disuntikkan langsung ke daerah keloid. Injeksi tersebut aman dan rasa nyeri yang ditimbulkan juga minimal. Injeksi steroid dapat membuat keloid menjadi lebih mendatar, akan tetapi dapat meninggalkan bekas kemerahan akibat rangsangan terhadap pembuluh darah kecil di sekitar keloid.

Bedah
Tindakan bedah terhadap keloid dapat memberikan hasil yang baik tetapi jika orang tersebut mempunyai bakat dalam pembentukan keloid maka lebih berisiko karena dengan membuang bagian keloid seperti membentuk luka baru sehingga dapat menyebabkan pembentukan keloid pada daerah sayatan. Beberapa dokter bedah memberikan injeksi steroid atau balutan tekan pada luka setelah keloid diangkat untuk mencegah pembentukan keloid kembali. Selain itu dapat juga dicoba dengan radiasi setelah dilakukan pembedahan terhadap keloid.

Laser
Laser dapat bermanfaat untuk mendatarkan dan mengurangi warna keloid. Terapi laser aman dan nyeri yang dirasakan minimal, tetapi tidak dapat dilakukan hanya dalam satu sesi melainkan dengan beberapa sesi baru didapatkan hasil yang maksimal sehingga harganya menjadi lebih mahal.

Silikon
Terapi keloid dapat juga dengan menempelkan lembaran silikon pada daerah luka yang digunakan selama beberapa bulan. Hasil terapinya bervariasi.

Radiasi
Penggunaan radiasi sebagai terpi keloid telah terbukti aman dan bermanfaat.

HAL TERKAIT
Hal yang paling baik untuk menangani keloid adalah mencegah timbulnya keloid. Orang yang memiliki kecenderungan untuk timbulnya keloid tidak disarankan untuk melakukan operasi bedah plastik (dengan tujuan kosmetik) dan piercing (tindik).

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel